Kamis, 12 Juli 2012

Inilah Sepeda Terbang Masa Depan (Plus Video)


Kemacetan kian hari kian memprihatinkan. Tak cuma di Jakarta, tapi juga di kota-kota berkembang lain di dunia.

Dengan kemacetan ini, banyak orang bermimpi memiliki kendaraan yang bisa terbang. Dengan tubuh ramping, tak seperti pesawat atau helikopter, sehingga orang leluasa terbang layaknya naik kendaraan di darat tanpa kemacetan.

Kini impian itu di ujung mata. Dilansir Autoevolution, Jumat 22 Juni, sebuah pusat pengembangan teknologi di Republik Ceko, Technodat, bekerja sama dengan perancang dan produsen penerbangan, Evektor, dan pensuplai sepeda, Duratec, tengah mengembakan sepeda yang bisa terbang.

Sepeda prototipe ini memiliki berat 85 kg dengan panjang 3,5 meter dan lebar 2,5 meter. Ini tak seperti sepeda biasanya yang beratnya hanya 8 kg, dengan panjang kurang dari 1 meter dan lebar kurang dari 0,5 meter.

Ini karena sepeda telah berubah dengan ditambah baling-baling yang terletak pada bagian depan dan belakang, serta samping kanan dan kiri. Baling-baling yang mirip kipas ini berdaya 10 kW untuk depan dan belakang dan bagian samping 3,5 kW.

Sebagai penggerak, sepeda terbang ini menggunakan baterai 20 kg Li-Po 50Ah, yang dapat melakukan penerbangan jarak dekat hingga 5 menit. Sepeda terbang ini mampu memiliki kecepatan hingga 50 km per jam.

Untuk melihat sepeda terbang ini harus menunggu Agustus. Sebab, proyek tersebut sedang dikebut. Diharapkan Agustus selesai dan September bisa dipresentasikan di International Engineering Fair di Brno, Republik Ceko.