Senin, 18 Juni 2012

Hasil Pertandingan Tadi Malam EURO 2012 Italia VS Republik Irlandia / Pertandingan Semalam

 Italia berhasil memastikan diri melaju ke babak perempatfinal Euro 2012 setelah berhasil mengandaskan Republik Irlandia dengan skor 2-0. Dua gol Italia dicetak Antonio Cassano dan Mario Balotelli. Italia lolos dari fase grup sebagai runner-up grup C.

Baru sepuluh detik babak pertama berjalan, Irlandia langsung menyerang lewat Kevin Doyle memanfaatkan kesalahan Andrea Pirlo melepas umpan ke lini belakang. Beruntung bola berhasil diselamatkan Gianluigi Buffon.

Peluang emas bagi Italia baru muncul di menit 28. Antonio Cassano mengirim umpan kepada tandemnya di lini depan, Antonio Di Natale yang langsung melepas tembakan namun berhasil di blok oleh Richard Dunne.

Gli Azzurri kembali mendapat peluang emas di menit 34. Cassano menebar ancaman dengan melepas tendangan keras dari luar kotak penalti Rep.Irlandia, sayang bola berhasil ditepis kiper Shay Given.

Cassano benar-benar menjadi momok bagi Rep. Irlandia. Striker yang membela klub AC Milan ini akhirnya berhasil memecah kebuntuan setelah sundulannya memanfaatkan sepak pojok Andrea Pirlo menembus gawang Given. Italia unggul 1-0 dari Rep.Irlandia.

Pada akhirnya skor 1-0 bertahan hingga akhir laga setelah kedua tim gagal memanfaatkan peluang di sisa waktu yang ada. Italia pun memiliki secercah harapan untuk lolos karena di tempat lain Spanyol masih bermain imbang 0-0 dengan Kroasia.

Italia langsung menekan di awal babak kedua, dengan mengandalkan penguasaan bola dengan umpan-umpan satu dua sentuhan. Baru di menit 54 Di Natale menghasilkan peluang, namun tendangannya dengan mudah dijinakkan Given.

Pukulan telak datang bagi lini belakang Italia yang harus rela melihat Giorgio Chiellini yang harus ditandu keluar karena cedera di menit 55. Dua menit berselang, Italia menyerang lewat Marchisio yang melepas tembakan dari luar kotak penalti, namun bola masih melebar dari sasaran.

Cesare Prandelli membuat kejutan di menit 63 dengan menarik Cassano dan menggantinya dengan Alessandro Diamanti. Alhasil Italia menjadi tidak terlalu agresif menyerang.

Kejutan hadir di menit 90 lewat Mario Balotelli. Penyerang Manchester City ini berhasil mengkonversi umpan sepak pojok yang dilepas Pirlo menjadi sebuah gol lewat tendangan voli cantik. Alhasil Italia menutup laga dengan kemenangan 2-0 dari Rep.Irlandia dan berhak lolos ke perempatfinal bersama Spanyol yang menundukkan Kroasia 1-0.

Susunan Pemain:

Italia (4-1-3-2) : G. Buffon, A. Barzagli, G. Chiellini (Bonucci/57’), F. Balzaretti, I. Abate, D. De Rossi, A. Pirlo, Thiago Motta, C. Marchisio, A. Cassano (Diamanti/63’), A. Di Natale (Balotelli/75’).

Rep.Irlandia (4-4-2) : S. Given, R. Dunne, J. O'Shea, S. Ward, S. St. Ledger, A. McGeady (S. Long/65’), D. Duff, G. Whelan, K. Andrews, K. Doyle (J. Walters/76’), R. Keane (Cox/86’).

Sumber
http://euro.okezone.com/read/2012/06/19/546/649553/cassano-balotelli-bawa-italia-ke-perempatfinal