Senin, 07 Januari 2013

Gejala Alam Biotik dan Abiotik




A . Gejala Alam
Cahaya matahari , hawa sejuk , tiupan angin , aliran air , dan pertumbuhan tumbuhan merupakan contoh gejala alam . Gejala alam dapat di bagi menjadi 2 , yaitu gejala alam kebendaan dan gejala alam kejadian menyangkut komponen biotik dan abiotic .
Biotik ( mahkluk hidup ) dan abiotic ( mahkluk tak hidup ) .

B . Gejala Alam Kebendaan dan Gejala Alam Kejadian


Komponen Biotik

Biotik artinya mahkluk hidup . Hewan , tumbuhan , mikroorganisme , dan manusia merupakan komponen biotik
Mahkluk hidup memiliki ciri ciri tertentu . Keadaan atau ciri ciri khusus yang dimiliki oleh mahkluk hidup merupakan gejala alam kebendaan komponen biotik .
Sebagai contoh : Tumbuhan putri malu ( Mimosa pudica ) memiliki ciri ciri bunganya berwarna merah muda , batangnya berduri , dan daunnya menutup jika disentuh .

Semua mahkluk hidup melakukan aktivitas , seperti tumbuh , bergerak , berkembang biak , menanggapi rangsang , dan mengeluarkan zat sisa . Aktivitas tersebut merupakan gejala alam kejadian komponen biotik .
Sebagai contoh : Kupu kupu itu sedang terbang kesana kemari , mencari madu . Dan mengisap sari sari bunga tersebut .

Sebagai contoh : Lebah belang terbang disekitar bunga mawar merah yang batangnya berduri untuk mengambil madu .
Komponen Biotik : Lebah belang dan bunga mawar merah . kira kira yang manakah yang gejala alam kejadian dan gejala alam kebendaan komponen biotik ?
Gejala alam kebendaan komponen biotik : Pola belang pada lebah , warna merah dan duri pada mawar . sedangkan gejala alam kejadian komponen biotik : Terbang dan mengambil madu .



C . Gejala Alam Kebendaan dan Gejala Alam Kejadian

Komponen Abiotik



Abiotik artinya benda tak hidup . Udara , air , cahaya matahari , tanah , batu , dan api merupakan komponen abiotic .
Sama seperti biotik , gejala alam kebendaan abiotic merupakan keadaan atau ciri ciri benda tak hidup .
Sebagai contoh : sifat udara : menempati ruang , dapat bergerak bebas , volumenya tidak tetap , dan tidak berwarna ; Air dapat bergerak bebas sesuai dengan keadaan ruang dan volumenya tetap ; Tanah ada yang berwarna merah , hitam ,dan kuning ; Tanah dapat merupakan tanah liat , tanah lempung , tanah gembur ; cahaya dapat menembus udara dan air; batu ada yang kecil dan ada yang besar , ada yang berwarna hitam ada pula yang berwarna cokelat ; Api bercahaya , warnanya merah atau ungu ; Api mempunyai sifat panas sehingga dapat membakar .

Peristiwa yang terjadi pada benda tak hidup yaitu gejala alam kejadian komponen abiotic .
Sebagai contoh : udara berpindah dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah ; Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah ; Salju turun pada musim dingin .

http://sarahsudrajat.blogspot.com/2012/01/bab-3-gejala-alam-biotik-dan-abiotik.html