Selasa, 21 Agustus 2012

Inilah Enam Fakta Seputar Cokelat


HAMPIR semua orang suka makan cokelat, yang kini hadir di banyak olahan. Faktor rasa serta aroma membuatnya sangat digemari, bahkan kemudian dipercantik untuk persembahan kepada orang terkasih.

Bagi Anda penggemar cokelat, simak beberapa fakta mengenak cokelat, seperti dilansir MNN:

1. Cokelat berasal dari buah yang disebut polong. Buah ini tumbuh di pohon kakao, yang biasanya ditanam di daerah beriklim tropis. Untuk menghasilkan buah cokelat, waktu penanaman bisa mencapai lima tahun atau sampai buah polongnya muncul.

2. Untuk membuat sebatang cokelat, dibutuhkan hampir 50 biji kakao dan 12 benih hanya untuk membuat satu ons dark chocolate.

3. Setelah dikupas, cokelat kemudian dipanggang dengan suhu panas tinggi, yang cokelat liquor. Selanjutnya, produsen mencampurkannya dengan gula dan susu, bergantung pada jenis cokelat yang dipakai untuk menambah rasa.



Cokelat susu harus mengandung 10 persen cokelat liquor dan gula. Sementara, dark chocolate harus mengandung setidaknya 35 persen cokelat liquor. Cokelat putih tidak mengandung cairan cokelat, melainkan terdiri dari cokelat mentega, gula, dan susu sebagai perasa.

4. Setelah itu baru dikemas. Faktanya, setiap tahun warga AS menikmati hampir 12 kilogram cokelat, belum termasuk pada Hari Valentine sedangkan di Swiss mencapai lebih dari 22 kilogram. Data ini diperoleh dari Aliansi Gula di Amerika pada 2007.

5. Selain Amerika, warga negara di Eropa juga menyukai cokelat. Bahkan, warga Madrid, Spanyol, bisa menikmati hampir 12 juta batang cokelat setiap tahunnya.

6. Untuk Anda yang mengonsumsi coklat, maka akan memiliki tekanan darah lebih rendah dan 39 persen akan terkurangi risiko serangan jantung dan stroke ketimbang mereka yang mengonsumsi sedikit cokelat.