Selasa, 19 Juni 2012

Hasil Pertandingan Tadi Malam EURO 2012 Swedia vs Prancis


Swedia di luar dugaan berhasil mengalahkan timnas Perancis 2-0 dalam laga Grup D Euro 2012 yang dilangsungkan di Stadium Olimpic, Kiev, Rabu (20/6/2012) dinihari WIB. Gol Swedia dicetak oleh Zlatan Ibrahimovic di menit ke-54, dan Sebastian Larsson di menit ke-91.

Menghadapi Swedia, pelatih Laurent Blanc menurunkan trio penyerang Hatem Ben Arfa, Frank Ribery, dan Karim Benzema. Sementara Erik Hamren mempercayakan lini depannya kepada duet Ola Toivonen dan Zlatan Ibrahimovic.

Sejak awal pertandingan, kedua tim saling bergantian menyerang. Swedia yang sudah dipastikan tidak lolos ke babak perempat final, tidak ingin di laga terakhirnya kembali mengalami kekalahan.

Laga berjalan sepuluh menit, Swedia mendapat peluang melalui Ola Toivonen. Ola yang lolos dari penjagaan Mexes, berhadapan satu lawan satu dengan Hugo Lloris. Sayang, bola masih membentur tiang gawang.

Setengah jam pertandingan berjalan, Perancis mendapat peluang melalui Hatem Ben Arfa. Ben Arfa yang berdiri bebas menendang bola dari luar kotak penalti. Namun bola masih melebar dari gawang.

Menjelang pertandingan babak pertama berakhir, Frank Ribery mendapat peluang di depan gawang Swedia. Sayang, bola yang ditendangnnya masih jauh dari sasaran. Sampai babak pertama berakhir, kedudukan Swedia melawan Perancis masih imbang 0-0.

Di babak kedua, kedua tim kembali saling menyerang untuk meraih gol. Menit ke-54 Ibrahimovic akhirnya memecah kebuntuan dengan mencetak gol ke gawang Perancis. Gol itu berawal dari umpan Larsson di sisi kiri pertahanan Perancis. Ibrahimovic menyambut bola tersebut dengan tendangan gunting yang tak mampu ditahan penjaga gawang Perancis,

Setelah tertinggal 1-0, pelatih Perancis Laurent Blanc memasukkan Florent Malouda, Jeremy Menez Oliver Giroud menggantikan Hatem Ben Arfa, Samir Nasri, dan Yann M'Villa untuk menambah intensitas serangan.

Bukannya mencetak gol, gawang Perancis malah kembali kebobolan di menit ke-91. Gol itu dicetak oleh Sebastian Larsson. Larsson berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Wilhelmsson yang membentur tiang gawang. Bola muntah tepat berada di kaki Larsson dan pemain itu langsung mencetak gol ke gawang Perancis. Kedudukan 2-0 bertahan hingga pertandingan berakhir.

Bagi Perancis kekalahan dari Swedia ini sekaligus membuat rekor tidak terkalahkan mereka di 23 pertandingan berakhir. Namun beruntung mereka tetap lolos ke 8 besar, dan akan menghadapi Spanyol di babak hidup mati tersebut.

Susunan pemain:

Swedia: A Isaksson, O Mellberg, A Granqvist, M Olsson, J Olsson, S Larsson, A Svensson, K Kallstrom, E Bajrami, Z Ibrahimovic, O Toivonen

Cadangan: J Wiland, P Hansson, M Lustig, M Antonsson, B Safari, T Hysen, P Wernbloom, S Holmen, C Wilhelmsson, M Rosenberg, R Elm, J Elmander

Perancis: H Lloris, M Debuchy, A Rami, P Mexes, G Clichy, F Ribery, S Nasri, Y M'Vila, A Diarra, K Benzema, H Ben Arfa

Cadangan: S Mandanda, C Carrasso, P Evra, A Reveillere, L Koscielny, M Valbuena, B Matuidi, F Malouda, M Martin, O Giroud, Y Cabaye, J Menez

Sumber
http://www.tribunnews.com/2012/06/20/swedia-vs-perancis-dicukur-swedia-2-0-les-blues-tetap-lolos