Minggu, 24 Juni 2012

Hasil Pertandingan Tadi Malam EURO 2012 Italia VS Inggris


Italia secara dramatis berhasil memastikan diri lolos ke semifinal Euro 2012, setelah menundukkan Inggris melalui adu penalti (4-2) pada pertandingan perempatfinal yang berlangsung di Olympic Stadium, Senin (25/6) dini hari. Selanjutnya, mereka akan menghadapi Jerman di semifinal.

Italia yang mendominasi jalannya pertandingan pada waktu normal dan extra time, menang berkat penalti Mario Balotelli, Andrea Pirlo, Antonio Nocerino, dan Alessandro Diamanti. Sedangkan Riccardo Montolivo gagal karena bola tendangannya melebar dari sasaran.

Sementara itu, Steven Gerrard dan Wayne Rooney menjadi penendang Inggris yang berhasil mengeksekusi penalti dengan sempurna. Sedangkan Ashley Young dan Ashley Cole gagal menjaringkan bola ke gawang Buffon.

Babak I
Pasukan Gli Azzurri langsung menekan sejak menit-menit awal. Hasilnya, pada menit ke-3, mereka langsung mendapat peluang melalui Daniel De Rossi yang melepaskan tendangan jarak jauh. Namun, tendangan pemain AS Roma itu membentur tiang gawang Inggris yang dikawal Joe Hart.

Tak mau kalah, The Three Lions pun membalas melalui peluang emas Glen Johnson pada menit ke-5. Berawal dari bola liar di depan gawang Gianluigi Buffon, Johnson menendang bola dari jarak dekat, tapi, kiper Juventus itu berhasil menghalauinya dengan satu tangan. Penyelamatan luar biasa dari Buffon.

Selanjutnya, Inggris lebih sering menekan. Pada menit ke-14, Johnson mengirim umpan matang ke dalam kotak penalti Italia dan bola berhasil ditanduk Rooney. Sayang, bola hasil tandukannya masih melambung di atas gawang Buffon.

Setelah kedua tim silih berganti menyerang, Italia kembali mendapat peluang pada menit ke-25. Balotelli yang menerima umpan matang dari Andrea Pirlo berdiri bebas di dekat kotak penalti Inggris. Namun, lamanya keputusan yang dibuat Balotelli membuat tendangannya mampu dihadang Joleon Lescott.

Memasuki menit ke-31, Balotelli kembali mendapat peluang. Pemain Manchester City itu melakukan tendangan voli, memanfaatkan umpan matang Riccardo Montolivo. Namun, bola tendangannya masih terlalu mudah untuk diantisipasi oleh Hart.

Satu menit kemudian, Inggris langsung membalas melalui Danny Welbeck. Pemain Manchester United itu melakukan umpan satu-dua dengan Rooney dan diakhiri tendangan kerasnya ke arah gawang Buffon. Namun, bola masih melebar. Kedudukan pun masih belum berubah, 0-0.

Pada menit ke-37, Antonio Cassano mendapat peluang. Dikawal sejumlah pemain Inggris, ia masih mampu melakukan tembakan, namun, masih bisa diantisipasi Hart. Empat menit kemudian, Balotelli lagi-lagi gagal memanfaatkan peluang emas. Bola yang datang ke padanya di depan gawang Inggris keburu dihalau John Terry.

Selanjutnya, kedua tim masih sama-sama gagal menciptakan gol ke gawang lawan. Skor 0-0 pun masih bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak II
Pada menit-menit awal babak kedua, Inggris dan Italia saling bergantian melakukan serangan. Italia membuka peluang pada menit ke-48. De Rossi yang berdiri bebas dan terlepas dari jebakan offside menendang bola ke gawang Hart. Sayang, tendangannya malah menyamping.

Dua peluang emas didapat Italia pada menit ke-52. Tendangan Balotelli terlalu lemah dan bisa dihalau Hart, namun, bola langsung mengarah kepada Montolivo. Sayang, sepakan pemain AC Milan itu masih melambung di atas mistar gawang Hart.

Italia tidak lelah menggempur pertahanan Inggris. Pada menit ke-59, berawal dari crossing Ignazio Abate, Balotelli menahan bola dengan dada dan kemudian melakukan tendangan salto. Namun, bola masih belum juga mendekati sasaran.

Pada menit ke-60, pelatih Inggris Roy Hodgson mengganti dua pemain sekaligus. Untuk menambah daya serang, Andy Carroll dan Theo Walcott dimasukkan guna menggantikan Welbeck dan James Milner.

Namun, tampaknya pergantian tersebut belum menghasilkan sesuatu yang positif bagi Inggris hingga menit ke-75. Italia pun masih memegang kendali permainan serta unggul penguasaan bola.

Pada menit 78, Pelatih Italia Cesare Prandelli memasukkan Alessandro Diamanti untuk menggantikan Cassano. Pada menit 81, pemain Bologna itu pun langsung mencoba usahanya dengan melakukan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun, masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Hart.

Hingga lima menit jelang waktu normal berakhir, belum juga ada peluang berbahaya dari Inggris. Sebaliknya, Italia terus menebar ancaman. Pada menit ke-88, Antonio Nocerino yang masuk menggantikan De Rossi mendapat peluang emas di depan gawang Hart. Namun, tendangannya masih bisa dihalau Johnson.

Inggris akhirnya mendapat peluang emas jelang berakhirnya pertandingan di waktu normal. Wayne Rooney yang mendapat umpan sundulan dari Carroll, melakukan tendangan salto di depan gawang Buffon. Namun, bola hasil tendangannya masih melambung.

Hingga babak kedua berakhir, kedudukan 0-0 tidak berubah. Kedua tim harus memainkan babak extra time.

Extra Time
Inggris mendapat peluang pertama pada menit ke-95. Berawal dari tendangan bebas Steven Gerrard, kemelut terjadi di depan gawang Buffon, namun, ternyata sebelumnya terjadi offside. Sementara itu, Balotelli gagal menerima umpan Pirlo pada menit 96, padahal ia sudah terbebas dari jebakan offside.

Pada menit ke-100, Diamanti melepaskan tembakan terukur ke tiang jauh gawang Hart, namun masih membentur tiang gawang. Selanjutnya, baik Inggris maupun Italia tidak menciptakan peluang berbahaya dan babak pertama extra time pun berakhir dengan kedudukan 0-0.

Memasuki paruh kedua, Italia tetap menguasai jalannya pertandingan, namun, mereka masih kesulitan untuk menciptakan gol. Sementara itu, Inggris mengandalkan serangan balik serta memanfaatkan terkurasnya tenaga para punggawa Italia.

Pada menit ke-25, Nocerino mencetak gol ke gawang Hart, memanfaatkan umpan Diamanti. Namun, ternyata Nocerino berdiri dalam posisi offside, sehingga wasit pun menganulir gol tersebut. Hingga extra time berakhir, kedudukan pun tidak berubah, 0-0. Maka, pemenang pertandingan harus ditentukan melalui adu tendangan penalti.

Penendang Adu Penalti:
Inggris: Gerrard (Masuk); Rooney (Masuk); Young (Gagal); Cole (Gagal)
Italia: Balotelli (Masuk); Montolivo (Gagal); Pirlo (Masuk); Nocerino (Masuk); Diamanti (Masuk)
 
Line-up Inggris vs Italia:
Inggris (4-4-2): Hart; Johnson, Terry, Lescott, Cole; Milner (Walcott 61’), Parker (Henderson 94’), Gerrard, Young; Rooney, Welbeck (Carroll 60’)

Italia (4-3-1-2): Buffon; Abate (Maggio 91’), Barzagli, Bonucci, Balzaretti; De Rossi (Nocerino 80’), Pirlo, Marchisio; Montolivo; Cassano (Diamanti 78’), Balotelli

Sumber
http://euro.okezone.com/read/2012/06/25/546/652914/singkirkan-inggris-lewat-tos-tosan-italia-ke-semifinal