Minggu, 10 Juni 2012

Hasil Pertandingan Semalam EURO 2012 , Spanyol VS Itali



GDANSK - Laga pembuka grup C Euro 2012 antara Spanyol kontra Italia, di  PGE Arena Gdansk, Minggu (10/6/2012) berakhir imbang dengan skor 1-1. Italia mampu mencetak gol lebih dulu lewat Antonio Di Natale, yang kemudian mampu dibalas oleh Spanyol lewat Cesc Fabregas.

Babak Pertama:
Spanyol langsung berinisiatif menguasai lini tengah sejak kickoff babak pertama dimulai, demi menusuk lini belakang Italia. Hingga menit keempat babak pertama juara Euro tahun 2008 ini masih memegang penguasaan di lini tengah. 

Menit kelima Italia mendapatkan peluang untuk mencetak gol pembuka lewat tendangan bebas usai dijatuhkannya Maggio oleh Jordi Alba. Andrea Pirlo yang mengeksekusi tendangan tersebut masih belum mampu menembus gawang La Rufia Roja.

Sedangkan, peluang pertama Spanyol tercipta pada menit kesembilan melalui David Silva. Sayang, tendangan hasil umpan Arbeola tersebut masih melambung tinggi di atas gawang Italia yang dikawal oleh Gianluigi Buffon.

Pirlo lagi-lagi mengancam gawang Iker Casillas lewat tendangan bebasnya di menit ke-14. Tetapi, Casillas masih sigap menepis bola sepakannya. Memasuki pertengahan babak pertama permainan kedua tim cenderung lebih terbuka.

Silva langsung membalas peluang Italia tersebut pada menit ke-16. Sayang, untuk kesekian kalinya, pemain Manchester City ini gagal memanfaatkan peluang tersebut dan bola hasil sepakannya masih mampu ditahan oleh bek Daniele De Rossi.

Menit ke-22 Antonio Cassano mendapatkan kesempatan untuk membobol gawang Spanyol. Namun, dewi fortuna masih bersama Spanyol hingga sepakan dari Casano masih menyamping di sisi gawang Casillas.

Pertarungan kedua tim masih berlangsung di lini tengah, kedua tim pun silih bergantian menciptakan peluang. Hingga menit ke-30-an jual beli serangan masih terjadi di antara kedua tim.

Balotelli kembali menjadi petaka bagi Italia, pasalnya pemain terkenal sering berulah ini harus mendapatkan kartu kuning pada menit ke-37. Hukuman tersebut ia dapat usai melanggar Jordi Alba.

Pada menit ke-42 Cesc Fabregas melakukan sepakan di depan gawang Italia dengan cukup keras.Tapi, lagi-lagi pertahanan belakang dari Gli Azzurri masih aman.

Thiago Motta membalas peluang Spanyol pada menit ke-45, tetapi sepakan kerasnya masih mampu dimentahkan oleh Casillas yang pada babak pertama ini tampil dengan tangguh. Peluang tersebut menjadi penutup babak pertama yang berkedudukan imbang tanpa gol.  

Babak Kedua:
Memasuki babak kedua, Spanyol langsung membuka peluang cetak gol. Ialah Fabregas yang melakukan tendangan cukup keras dari depan gawang Italia pada menit ke-49. Sayang, tendangannya mampu dipatahkan kiper Buffon.

Tak ingin ketinggalan Xavi dan Iniesta juga melakukan usaha menjebol gawang Gli Azzuri. Namun, disiplinnya barisan belakang dan apiknya performa Buffon di bawah mistar masih bisa menahan peluang tersebut.

Menit ke-53 Mario Balotelli menjadi pemain yang membuang peluang emas bagi Italia. Pasalnya, Balotelli yang sudah berhadapan langsung dengan Casillas harus terhenti oleh Jordi Alba.

Antonio Di Natale yang masuk menggantikan Balotelli di menit ke-56 berhasil menjadi pencetak gol pembuka bagi Gli Azzurri. Lewat sepakan kerasnya dari jarak dekat membuat Casillas memungut bola dari gawangnya sendiri dan merubah skor menjadi 1-0 untuk Italia pada menit ke-60.

Namun, Spanyol berhasil menghentikan kegembiraan Italia pada menit ke-64. Yah, Fabregas pada akhirnya berhasil menjebol gawang Buffon dengan cukup keras hasil dari umpan David Silva. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Buffon kembali menjadi penyelamat bagi Italia pada menit ke-75. Pasalnya, Buffon berhasil menghentikan langkah Fernando Torres yang sudah memasuki dari gawang Italia dan siap melakukan sepakan.

Di Natale hampir kembali menggandakan gol bagi Gli Azzurri pada menit 78. Sayang, sepakannya hasil umpan dari Sebastian Giovinco tersebut masih melebar ke sisi gawang Casillas.

Menit ke-85 Torres kembali membuang peluang Spanyol untuk mencetak gol kembali, usai sepakannya melambung tinggi di atas gawang Buffon. 

Susunan Pemain:
Spanyol: 
1 Casillas, 15 Sergio Ramos, 17 Arbeloa, 3 Piqué, 18 Jordi Alba, 10 Fàbregas (Fernando Torres ’74), 6 Iniesta, 14 Xabi Alonso, 8 Xavi, 21 David Silva (Jesús Navas ’65), 16 Busquets.

Italia:
 1 G. Buffon, 19 L. Bonucci, 3 G. Chiellini, 16 D. De Rossi, 21 A. Pirlo, 5 Thiago Motta (A. Nocerino ’89), 2 C. Maggio, 8 C. Marchisio, 13 E. Giaccherini, 10 A. Cassano (S. Giovinco ’65) , 9 M. Balotelli (Antonio Di Natale ’56).

Baca Juga Kroasia VS Islandia

Sumber 
http://euro.okezone.com/read/2012/06/11/3/644751/lewati-laga-sengit-spanyol-imbangi-italia