Senin, 11 Juni 2012

Hasil Pertandingan EURO 2012 Inggris VS Prancis tanggal 11 Juni 2012 - 12 Juni 2012/ 11-6-2012 - 12-6-2012


DONETSK – Inggris dan Prancis harus puas berbagi poin usai keduanya bermain imbang 1-1 dalam laga pembuka Grup D Euro 2012 di  Donbass Arena, Senin (11/6/2012). Gol Inggris sendiri dicetak oleh Joleon Lescott, sedangkan Prancis diciptakan Samir Nasri.

Babak Pertama:
Inggris yang bermain dengan formasi 4-4-1-1 langsung mencoba menekan ke daerah Prancis lewat sektor tengah sejak kickoff babak pertama dimulai. Akan tetapi, lini belakang Prancis masih tampil cukup disiplin hingga mampu mementahkan usaha pasukan tim Tiga Singa.

Menit ketiga Oxlade-Chambelain mencoba menerobos pertahanan Prancis lewat sisi kiri, yang kemudian memberikan umpan pada Danny Welbeck, sayang sepakan dari Welbeck masih ditahan bek Philippe Mexes.

Prancis mendapatkan peluang lewat Franck Ribery pada menit kesembilan, namun terobosannya dari sisi kiri masih bisa dipatakan bek-bek Inggris di dalam kotak penalti. Berikut percobaan Karim Benzema yang masih bisa dipatahkan kipper Joe Hart.

Menit ke-14 Inggris mendapatkan peluang emasnya lewat James Milner yang mendapatkan umpan terobosan dari Ashley Young. Sayang, Milner yang berhasil melewati kipper Hugo Lloris malah terjatuh di dalam kotak penalti.

Danny Wellbeck pada menit ke-22 harus tergeletak kesakitan di lapangan. Diketahui pemain Manchester United ini terinjak oleh Adil Rami ketika terjatuh usai berduel bola atas dengan bek Prancis tersebut.
 
Samir Nasri terus mencoba menusuk daerah tim Tiga Singa dari sisi kanan. Namun, usahanya tersebut masih bisa diblok beberapa kali oleh Ashley Cole seperti yang terjadi pada menit ke-24.

Akhirnya, Inggris berhasil menjebol gawang Prancis lewat tandukan Joleon Lescott pada menit ke-30. Gol tersebut berawal dari bola mati yang dilepaskan oleh Steven Gerrard ke arah gawang Prancis, Lescott yang berada di mulut gawang Les Blues berhasil memanfaatkannya. Sementara, Inggris unggul 1-0 atas Prancis.

Usaha Nasri untuk kesekian kalinya dari sisi kanan lapangan membuat pertahanan Inggris Cemas. Seperti, pada menit ke-35 ketika Nasri melepaskan umpan dari tendangan bebas yang langsung ditanduk oleh Alou Diarra. Namun, Kiper Hart masih mampu menepisnya.

Jelang menit-menit akhir babak pertama Inggris terus mendapatkan tekanan dari pasukan Prancis. Alhasil, usahanya para pemain Prancis berbuah hasil pada menit ke-38 lewat sepakan keras Nasri dari luar kota penalti hasil umpan dari Ribery. Kedudukan pun imbang 1-1.

Hingga menit ke-45 Inggris terus mendapat gempuran dari pemain-pemain Prancis. Sayang, hingga tambahan waktu satu menit kedudukan masih tetap imbang 1-1.

Babak Kedua:
Menit-menit awal babak kedua kedua tim langsung terlibat jual beli serangan. Inggris sendiri terbilang lebih banyak mendapatkan peluang di awal babak kedua, seperti pada menit ke-49 lewat sepakan James Milner.

Menit ke-52 Inggris hampir saja mendapatkan tendangan bebas ketika Danny Welbeck dijatuhkan di luar kotak penalti. Sayang, wasit Nicola Rizzol melihat hal tersebut bukan sebuah pelanggaran.

Prancis langsung melakukan serangan balik lewat Patrice Evra pada menit ke-54 lewat sisi kanan. Sayang, sontekannya tersebut masih bisa ditahan oleh kapten Liverpool, Steven Gerrard.

Glen Johnson dijatuhkan Ribery pada menit ke-57, sayang lagi-lagi wasit menilai hal tersebut bukan pelanggaran dan permainan terus dilanjutkan. Prancis langsung melakukan serangan balik pada menit ke-59 lewat Mathieu Debuchy, namun masih berhasil diamankan oleh Lescott. 

Prancis kembali mengancam gawang Inggris pada menit ke-67 lewat umpan silang Evra, tapi sepakannya masih mampu dibuang oleh Cole dan menghasil tendangan penjuru. Malouda yang mengambil sepak pojok itu masih mampu ditangkap oleh kiper Hart.

Nasri kembali mengambil eksekusi tendangan bebas pada menit ke-79 buah dari disikutnya Ribery oleh Glen Johnson. Sayang, tendangannya masih mampu diibuang oleh bek Inggris.

Benzema hampir saja menjebol gawang Inggris pada menit ke-85 dengan melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Beruntung, Gerrard berdiri tidak jauh di depannya hingga bola masih mampu dibuang keluar.

Menit ke-89 Milner gagal menggandakan gol bagi tim Tiga Singa, usai tendangannya dari sisi kanan masih bisa dihalau oleh bek Prancis. Peluang tersebut menjadi peluang terakhir di babak kedua hingga memaksa laga berakhir dengan skor 1-1.

Susunan Pemain
Prancis: 
1 Hugo Lloris, 5 Philippe Mexes, 4 Adil Rami, 3 Patrice Evra, 2 Mathieu Debuchy, 18 Alou Diarra, 15 Florent Malouda (M. Martin ’84) , 6 Yohan Cabaye (H. Ben Arfa ’84) , 7 Franck Ribéry, 10 Karim Benzema, 11 Samir Nasri

Inggris: 1 Joe Hart, 15 Joleon Lescott, 6 John Terry, 3 Ashley Cole, 2 Glen Johnson
17 Scott Parker (J. Henderson ’78), 4 Steven Gerrard, 20 Alex Oxlade-Chamberlain (Jermain Defoe ’76), 16 James Milner, 22 Danny Welbeck (T. Walcott ’90) , 11 Ashley Young

Sumber