Rabu, 18 April 2012

OBAMA PECAT 3 STAFF PENGAWAL KEPRESIDENAN 2012 | Ketiganya Terlibat Skandal Kasus Seks Di Kolombia.

OBAMA PECAT 3 STAFF PENGAWAL KEPRESIDENAN 2012 | Ketiganya Terlibat Skandal Kasus Seks Di Kolombia. Tiga anggota Dinas Rahasia Amerika Serikat (AS) akan meninggalkan pekerjaan mereka menyusul terbongkarnya skandal seks di Kolombia. Satu orang memasuki masa pensiun, dua lainnya dipecat dan mengundurkan diri.

Diberitakan AFP, Kamis (19/4/2012), kabar ini dipastikan oleh Juru bicara Dinas Rahasia AS, Paul Morrissey. Menurut dia, tiga orang tersebut adalah 'tokoh' utama dalam aksi memalukan tersebut.

Hingga kini, proses penyelidikan masih berlangsung. Sementara 8 anggota Dinas Rahasia lainnya masih dalam proses pemeriksaan menggunakan deteksi kebohongan.

"Kami ingin semua petugas kami dalam standar etika dan profesional yang tinggi, serta berkomitmen terhadap penuntasan masalah ini," ucap Morrissey.

Dinas Rahasia AS kini masih menyelidiki dugaan bahwa mereka membawa pelacur-pelacur ke kamar-kamar hotel mereka di Cartagena pada Rabu, 11 April malam waktu setempat lalu. Bahkan salah satu personel sempat cekcok soal pembayaran dengan salah seorang pekerja seks tersebut. Skandal seks ini telah menimbulkan kegeraman Obama yang menjanjikan penyelidikan mendalam dan menyeluruh atas insiden tersebut.

Personel militer dan anggota Secret Service (pengawal kepresidenan) Amerika Serikat membawa 21 perempuan ke hotel mereka di Kolombia dalam peristiwa pekan lalu, yang melibatkan dugaan tindakan tak layak dengan perempuan pekerja seks atau PSK, kata seorang senator Republik, Selasa (17/4/2012).

"Ada 21 agen yang terlibat. Dua puluh atau 21 perempuan asing dibawa ke hotel, tetapi anggota Marinir diduga terlibat dengan yang lain," kata Senator Susan Collins dari Maine. Ia mendapat penjelasan dari Direktur Secret Service Mark Sullivan, demikian isi e-mail kepada Reuters.

"Direktur Sullivan sangat terkejut oleh tindakan agen tersebut dan mendorong penyelidikan internal," kata Collins, anggota senior Republik di Komite Keamanan Dalam Negeri Senat. "Ia memerintahkan semua agen segera kembali ke Washington, dan semuanya telah diperiksa."

Perincian lebih lanjut yang menodai perjalanan akhir pekan Presiden Barack Obama ke KTT Amerika di Cartagena, Kolombia, mencuat pada Selasa.

Juru bicara Korps Marinir mengatakan dua pemegang anjing pelacak Marinir yang ditugasi mendukung Secret Service sedang diperiksa guna menetapkan apakah mereka terlibat dalam membujuk perempuan tuna susila.

Juru bicara itu, Kapten Kevin Schultz, mengatakan, personel Marinir itu bertugas sebagai anggota tim pendahulu dan tak terlibat kontak langsung dengan Obama.

Secret Service telah mencabut izin keamanan tinggi bagi 11 agennya dan menempatkan mereka dalam posisi cuti administratif akibat peristiwa tersebut.

Agen itu membawa perempuan pekerja seks ke hotel mereka di pantai Cartagena, sebelum Obama tiba untuk menghadiri pertemuan puncak tersebut, kata satu sumber politik setempat. Seorang pejabat AS mengatakan kepada Reuters lebih dari 10 anggota Secret Service militer juga mungkin telah terlibat.

"Presiden percaya kepada Direktur Sullivan," kata juru bicara Obama, Jay Carney. "Direktur (Sullivan) bertindak cepat dalam menanggapi kejadian ini dan sedang mengawasi penyelidikan."

Seorang lagi anggota parlemen yang berbicara dengan Sullivan, Peter King, mengatakan, para penyelidik di Kolombia sedang mewawancarai semua perempuan yang terlibat. Mereka telah meninggalkan pengenal di meja depan hotel, kata King kepada Reuters.

"Sejauh ini tak ada keterangan bahwa ada di antara mereka terlibat dengan kelompok narkotika-teroris atau kejahatan terorganisasikan. Juga tak ada petunjuk bahwa semua perempuan tersebut sedang mencari lelaki," katanya. Ia menanggapi keprihatinan bahwa para agen tersebut mungkin telah dijebak oleh seseorang dengan maksud yang merugikan mereka.

King mengatakan, ia mengetahui bahwa masing-masing dari ke-11 agen itu membawa seorang perempuan ke kamarnya. "Sejumlah (agen tersebut) mengatakan, mereka tak menganggap perempuan itu sebagai pelacur," katanya.

King, anggota Partai Republik yang memimpin Komite Keamanan Dalam Negeri DPR, mengatakan, ia belum memutuskan apakah akan menggelar dengar pendapat mengenai peristiwa itu. Ia menyatakan, ia belum pernah melihat tindakan semacam itu dilakukan oleh agen Secret Service sebelumnya.

OBAMA PECAT 3 STAFF PENGAWAL KEPRESIDENAN 2012 | Ketiganya Terlibat Skandal Kasus Seks Di Kolombia, Kronologi Pemecatan Pengawal Kepresidenan Amerika Serikat 2012, Penyebab Pemecatan Pengawal Presiden Barack Obama 2012, Pernyataan Resmi Barack Obama Tentang Skandal Seks Pengawal Presiden 2012


Source:
http://mediaberitabaru.blogspot.com/2012/04/obama-pecat-3-staff-pengawal.html