Kamis, 05 April 2012

FENOMENA OMBAK BERSINAR BIRU BIOLUMINESCENCE ALA FILM AVATAR | Fenomena Ombak Bersinar Biru di Maldives



FENOMENA OMBAK BIRU BIOLUMINESCENCE ALA FILM AVATAR | Fenomena Ombak Bersinar Biru di Maldives. Sebuah ombak di pantai lazimnya berwarna biru laut atau hitam saat malam. Namun tidak dengan di Pulau Vaadhoo, Maldives ini. Suatu ketika ombaknya akan tampak menyala biru seperti memiliki ratusan lampu di dalamnya.
Fenomena yang mirip seperti salah satu adegan di film "Avatar" itu dihasilkan oleh plankton yang disebut bioluminescence. Mikroba itu terkena pasang surut air laut dan mengubah energi kimia menjadi energi cahaya. Peristiwa langka ini biasanya hanya bisa dilihat saat memandang daratan dari kapal yang melaut.

"Saat berdesakan, setiap organisme akan mengeluarkan kilatan cahaya biru yang diciptakan oleh reaksi kimia dalam sel," terang seorang ahli dari Scripps Institution of Oceanography, Peter Franks. "Ketika miliaran desakan terjadi maka akan didapatkan cahaya yang sangat terang."

Foto tersebut dipotret oleh Doug Perrine ketika melakukan perjalanan ke Samudera Hindia. Ia mengaku saat itu malam cerah tanpa bulan namun penuh dengan bintang. Doug merasa beruntung karena fenomena itu tidak selalu dapat dilihat oleh mata telanjang.

Berikut ini foto ombak bersinar biru di Maldives:

FENOMENA OMBAK BIRU BIOLUMINESCENCE ALA FILM AVATAR, Fenomena Ombak Bersinar Biru di Maldives, Ombak Biru Pulau Vaadhoo, Maldives, Bioluminescence, Doug Perrine, Video You Tube Ombak Bersinar Biru














Source:
http://seobesteasy.blogspot.com/2012/04/fenomena-ombak-bersinar-biru.html