Senin, 26 Maret 2012

Benda Benda Yang wajib Di Bawa Saat wawancara Kerja

Saat Anda mendapat panggilan untuk melakukan wawancara kerja, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan terlebih dahulu. Selain penampilan, Anda juga perlu menyiapkan beberapa perlengkapan yang harus dibawa.

Jangan sampai wawancara kerja yang merupakan gerbang utama untuk meraih pekerjaan yang diinginkan, malah menjadi kacau hanya karena Anda tidak mempersiapkan secara matang. Oleh karena itu, persiapkanlah tersebut dengan benar. Ada lima benda yang wajib dibawa saat menghadiri wawancara kerja.

1. Catatan Nomor Telepon Perusahaan
Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan menuju kantor tempat Anda akan melakukan wawancara kerja. Misalnya saja adanya kecelakaan dijalan yang membuat kondisi lalu lintas menjadi macet. Dengan memiliki nomor telepon perusahaan tersebut, Anda bisa memberitahukan kendala yang dihadapi. Sehingga bisa meminta kesempatan untuk melakukan wawancara kerja di lain waktu.

2. Surat Referensi
Apabila memiliki surat referensi, bawalah secara terpisah dengan resume Anda. Hal tersebut dapat menunjukkan seberapa profesional Anda. Alangkah lebih baik lagi jika pewawancara meminta Anda menunjukkan referensi yang dimiliki. Ini akan memperlihatkan antusias perusahaan terhadap Anda.

3. Resume
Selain surat referensi, resume juga perlu dibawa. Biasanya perusahaan yang mengundang untuk hadir dalam sesi wawancara kerja, sudah mencetak resume yang Anda berikan saat melamar pekerjaan. Namun, ada juga perusahaan yang tidak mencetaknya dan meminta lagi resume Anda. Jadi sebaiknya siapkanlah sebagai cadangan untuk menolong Anda di waktu buruk yang kemungkinan akan terjadi.

4. Notes
Biasanya ada beberapa pewawancara akan menanyakan apakah Anda memiliki pertanyaan untuknya. Dengan adanya notes kecil, Anda bisa menulis berbagai pertanyaan yang ingin diajukan supaya tidak lupa. Jika pihak perusahaan menjelaskan sesuatu yang penting, Anda juga bisa mencatatnya di notebook tersebut.

5. Pulpen
Dengan membawa notes tapi tidak membawa pulpen akan menjadi percuma. Jadi sebaiknya Anda mempersiapkan pulpen atau pensil di dalam tas untuk mempermudah Anda mencatat sesuatu jika memang diperlukan. Karena terkadang saat melakukan wawancara kerja, ada beberapa berkas yang harus Anda isi dan diserahkan ke perusahaan.

Sumber